Popular Post

Posted by : Unknown Senin, 27 Januari 2014


Siapa yang di sini suka hal-hal yang berbau Jepang? Anime, cosplay, komik, atau ceweknya? 5-7 Juli 2013 kemarin, acara Gelar Jepang Universitas Indonesia kembali diselenggarakan. Lokasinya di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia. Acara ini adalah acara ke-19, berarti acara ini sudah rutin diselenggarakan setiap tahunnya oleh Himpunan Mahasiswa Japanologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (HIMAJA FIB UI).


Tahun ini acaranya bertema “Embark on a Journey, Experience the Japan in You”, yang artinya, memulai sebuah perjalanan yang memberi pengalaman tentang Jepang pada diri kamu. Kalo kamu-kamu datang ke acara ini, pasti deh bakalan tau sedikit-banyak tradisi budaya Jepang, mulai dari bahasa, tulisan, makanan, pakaian, olahraga, game, dan tren a la Jepang, karena di sana ada workshopnya juga.

Tanabata, tradisi kebudayaan Jepang yang diselenggarakan setiap tanggal 7 Juli, yaitu menuliskan harapan-harapan pada secarik kertas kecil berwarna-warni, kemudian menggantungkannya di batang pohon bambu yang diberi nama “Sasa”.







Demo olahraga Kendo.

Acara GJUI ini masuknya gratis, cuma harus ngisi identitas diri di Boarding Pass aja, buat data pengunjung, karena katanya mulai dari tahun ini, akan ada penghitungan jumlah pengunjung yang datang.

Oh iya, pengunjung yang datang ke sana kebanyakan orang-orang yang menyukai hal-hal yang bertema Jepang. Di sana kami melihat semua kalangan ada, mulai dari anak kecil hingga lansia, tapi kami paling banyak melihat dede-dede gemes, dan kakak-kakak kece, di sana juga banyak orang Jepang asli yang datang.

Tuh rame banget kan?

Kalo kalian pengen belanja di sana juga ada ruangan khusus buat belanja kaos, kostum cosplay, serba-serbi, makanan, segala hal yang khas Jepang. Tapi, siap-siap ngantri panjang dan berdesakan aja.


Tujuan dari acara ini diselenggarakan adalah untuk memperkenalkan kebudayaan Jepang kepada masyarakat umum. Acara ini mewadahi apresiasi kebudayaan Jepang melalui aktualisasi diri bagi komunitas dan peminat kebudayaan Jepang melalui berbagai kegiatan dan kreativitas.

Umm, ngomongin soal budaya, gak ada salahnya juga kok kita mengenal budaya bangsa lain, lagi pula Jepang adalah salah satu negara yang terkenal dengan ramah tamahnya sama seperti negara kita, meski dulu sempat menjajah Indonesia, tapi bukan berarti kita harus membenci (budaya) mereka. Siapa tau aja, kan, kamu yang tadinya gak suka, pas datang ke sana jadi suka banget.

Sebelum pulang dan membawa kenangan tentang Jepang, kami nanyain kesan dan pesan beberapa pengunjung yang datang tentang acara Gelar Jepang UI ini:

“Gue tiap tahun langganan datang ke acara ini, Nyu. Jadi, gue udah terbiasa banget ngeliatnya, tapi dari tahun ke tahun acara ini semakin bagus, gue jadi gak bosen buat datang terus.” – Astrid, 22 tahun, penggemar anime.

“Yang paling berkesan sih, aku ikutan tradisi Tanabata, aku nulis harapan di kertas warna-warni gitu, Nyu. Harapan yang aku tulis, pengen punya pacar yang setia, kali aja beneran terkabul.” – Mala, 18 tahun, Mahasiswa. *jomblo selalu begitu

“Gue datang ke acara ini setiap tahunnya sih cuma pengen ikut cosplaynya aja, Nyu. Perform bareng sama komunitas gue, karena gue udah hapal banget sama isi acara ini dari tahun ke tahun, hehehe.” – Lingga, 24 tahun, Cosplayer.

Leave a Reply

Baiklah sahabat blog petang. Itulah kumpulan wawasan pengetahuan tentang "Tradisi Dan Budaya di Dunia". Memang beberapa artikel diatas masih belum sempurna 100% karena yang Sempurna itu yang Tuha :D
Tapi semoga anda bisa lebih paham mengenai "TRADISI DAN BUDAYA DI DUNIA".
Kirimkan komentar Anda tentang artikel diatas.
Peringatan : Maaf, Komentar yang semata-mata dibuat hanya bertujuan untuk promosi dll akan kami hapus heheheh ... ^_^

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © TRADISI DAN BUDAYA - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -